Public Relation


 2.       1. PENGERTIAN
                      Hubungan masyarakat yang di sebut juga public relation denagn ruang lingkup kegiatan yang menyangkup baik individu kedalam maupun individu keluar dan semua kegiatan di seelenggarakkan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing lembaga atau organisasi. Public relation adalah profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publicnya yang menentukan hidunya unit itu.Humas merupakan bagian dari rugas pemasaran dan perlu di sadari sedalam-dalamnya bahwa tugas penerangan itu merupakan bagian dari pembangunan sendiri.Jadi dengan demikian Humas dapat di artikan sebagai suatu kegiatan untuk menanamkan pengertian guna memperoleh good will.kerjasama dan kepercayaan yang ada pada gilirannya,mendapat  dukungan dari pihak lain.

2.TUJUAN
          Mengembangkan hubungan yang harmonis dengan pihak lain yakni (public)masyarakat umum.Tujuan humas adalah menciptakan,membina,dan memeliharra sikap budi yang menyenangkan bagi lembaga atau organisasi di satu pihak dan dengan pihak lain dengan komunikasi yang harmonis dan timbal balik.

3.PRINSIP POKOK HUMAS
  •  bahwa Humas bertolak dari dalam organisasi
  •  bahwa tindakan perorangan membawa nama keseluruhan
  •  bahwa nama baik organisasi tidaklah tergantung kepada apa yang di kerjakan
  •  prinsip banyak bekerja dan berusaha

4.PROSES PELAKSANAAN TUGAS HUMAS
  •  Menyelidiki dan mendengar (fact finding)
  •  Mengambil ketentuan dan merencanakan (planning)
  •  Melaksanakan komunikasi (coomunicating)
  •  Penilaian ( evaluatin)

5.RUANG LINGKUP HUMAS

Humas meliputi antara lain :
  •  Pengumpulan dan pengolahan data                      
  •  Penerangan
  •  Publikasi
6.SARANA HUMAS

Sarana humas meliputi 2 hal yaitu :
a. Sarana yang berupa public intern, yang di maksud dengan public adalah kelompok masyarakat yang harus selalu di hubungi dalam melaksanaka humas,sasaran ini berada di lingkunan sendiri,yaitu seluruh pegawai mulai dari karyawan terendah sampai karyawan tertinggi.
b. sarana yang berupa public ekstern,sarana ini berupa orang-orang yang berada di luar lingkungan atau jajaran misalnya para anggota masyarakat dan wartawan.

7. STRATEGI POKOK HUMAS

            Strategi pokok humas di arahkan untuk meningkatkan mekanisme komunikasi dua arah antara lembaga dengan sasaran humas agar hasil-hasil yang di capai oleh lembaga dapat di kenal oleh sasaran humas,sehingga sasaran humas dapat ikut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tujuan lembaga khusunya,dan pembangunan nasional umunya.

8. STRATEGI OPERASIONAL HUMAS

    Strategi operasional yang di gunakan oleh humas adalah sebagai berikut :
  •  Pendekatan kemasyarakatan
  •  Pendekatan koordinatif dan integratif
  •  Pendekatan edukatif dan persuasif
  •  Penyelenggaraan sistem penerangan terpadu

9. PROGRAM HUMAS

            Sesuai perannya sebagai pengabdi unntuk kepentingan umum,sebagai mediator antara pimpinan dengan publik,dan sebagai dokumentator,maka progran humas di titik beratkan pada :
  •  program layanan     
  •  program dokumentator     
  •  program mediator

10. MEDIA DAN METODE HUMAS

            Setiap media memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, namun dengan di gunakan secar terpadu akan saling melengkapi,oleh karena itu media yang di gunakan humas selama ini adalah:
  •  media tradisional dengan metode tatap muka
  •  media massa dengan metode tidak langsung

11. MONITOR DAN EVALUASI

            Setiap hari di adakan monitor dan evaluasi terhadap pelaksanaan humas khususnya yang menyangkut pelayanan dan pendapat umum yang tertera dalam berbagai media massa.


These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

2 comments

4 September 2013 pukul 15.11

humas memang sangat penting untuk masyarakat

4 September 2013 pukul 15.11

informasi yang sangat bagus dan bermanfaat

Posting Komentar