2. 1. PENGERTIAN
Hubungan
masyarakat yang di sebut juga public relation denagn ruang lingkup kegiatan
yang menyangkup baik individu kedalam maupun individu keluar dan semua kegiatan
di seelenggarakkan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing
lembaga atau organisasi. Public relation adalah profesi yang
mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publicnya yang menentukan hidunya
unit itu.Humas merupakan bagian dari rugas pemasaran dan perlu di sadari
sedalam-dalamnya bahwa tugas penerangan itu merupakan bagian dari pembangunan
sendiri.Jadi dengan demikian Humas dapat di artikan sebagai suatu kegiatan
untuk menanamkan pengertian guna memperoleh good will.kerjasama dan kepercayaan
yang ada pada gilirannya,mendapat dukungan
dari pihak lain.
2.TUJUAN
Mengembangkan
hubungan yang harmonis dengan pihak lain yakni (public)masyarakat umum.Tujuan
humas adalah menciptakan,membina,dan memeliharra sikap budi yang menyenangkan
bagi lembaga atau organisasi di satu pihak dan dengan pihak lain dengan
komunikasi yang harmonis dan timbal balik.
3.PRINSIP
POKOK HUMAS
- bahwa Humas bertolak dari dalam organisasi
- bahwa tindakan perorangan membawa nama keseluruhan
- bahwa nama baik organisasi tidaklah tergantung kepada apa yang di kerjakan
- prinsip banyak bekerja dan berusaha
4.PROSES PELAKSANAAN TUGAS HUMAS
- Menyelidiki dan mendengar (fact finding)
- Mengambil ketentuan dan merencanakan (planning)
- Melaksanakan komunikasi (coomunicating)
- Penilaian ( evaluatin)
5.RUANG
LINGKUP HUMAS
Humas
meliputi antara lain :
- Pengumpulan dan pengolahan data
- Penerangan
- Publikasi
6.SARANA HUMAS
Sarana humas meliputi 2 hal yaitu :
a. Sarana yang berupa public intern, yang di maksud dengan public
adalah kelompok masyarakat yang harus selalu di hubungi dalam melaksanaka
humas,sasaran ini berada di lingkunan sendiri,yaitu seluruh pegawai mulai dari
karyawan terendah sampai karyawan tertinggi.
b. sarana yang berupa public ekstern,sarana ini berupa orang-orang
yang berada di luar lingkungan atau jajaran misalnya para anggota masyarakat
dan wartawan.
7. STRATEGI POKOK HUMAS
Strategi pokok humas di arahkan untuk meningkatkan mekanisme
komunikasi dua arah antara lembaga dengan sasaran humas agar hasil-hasil yang
di capai oleh lembaga dapat di kenal oleh sasaran humas,sehingga sasaran humas
dapat ikut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tujuan lembaga khusunya,dan
pembangunan nasional umunya.
8.
STRATEGI OPERASIONAL HUMAS
Strategi
operasional yang di gunakan oleh humas adalah sebagai berikut :
- Pendekatan kemasyarakatan
- Pendekatan koordinatif dan integratif
- Pendekatan edukatif dan persuasif
- Penyelenggaraan sistem penerangan terpadu
9.
PROGRAM HUMAS
Sesuai perannya sebagai pengabdi unntuk kepentingan umum,sebagai
mediator antara pimpinan dengan publik,dan sebagai dokumentator,maka progran
humas di titik beratkan pada :
- program layanan
- program dokumentator
- program mediator
10.
MEDIA DAN METODE HUMAS
Setiap media memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing,
namun dengan di gunakan secar terpadu akan saling melengkapi,oleh karena itu
media yang di gunakan humas selama ini adalah:
- media tradisional dengan metode tatap muka
- media massa dengan metode tidak langsung
11.
MONITOR DAN EVALUASI
Setiap hari di adakan monitor dan evaluasi terhadap pelaksanaan
humas khususnya yang menyangkut pelayanan dan pendapat umum yang tertera dalam
berbagai media massa.
Tags:
Makalah